gambar

Selasa, 05 Juni 2012

contoh PI (BAB I)

 BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam dunia teknologi yang sangat berkembang sekarang ini, dibutuhkan
aplikasi yang handal yang dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan secara
cepat, tepat, dan akurat. Segala aplikasi tersebut harus dapat diakses dimanapun
kita berada. Sekarang ini sebagian besar aplikasi telah berbasis ke web yang
disajikan dalam bentuk situs dengan alasan agar aplikasi tersebut dapat diakses
melalui internet.

Situs-situs tersebut sebagian besar telah menggunakan konsep server-side web scripting yang mulai menggantikan konsep client side web scripting. Pada script server side, segala macam proses yang berlangsung didalamnya dilakukan pada sisi server, sehingga tidak bergantung pada jenis browser tertentu, script programnya tidak dapat terlihat. Sedangkan pada script client side, segala macam proses yang terjadi dilakukan pada client atau dengan kata lain dilakukan pada browser, sehingga bila browser yang tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk memproses script tersebut, maka hasil tidak terlihat, script programnya dapat terlihat. Karena perbedaan tersebut maka banyak situs sekarang ini menggunakan konsep server side web scripting. Kosep server side web scripting dapat dibangun dengan aplikasi bahasa web seperti PHP, Active Server Page (ASP), ColdFusion, Java Server Page (JSP) dan produk-produk sejenisnya. Aplikasi bahasa web ini dapat terkoneksi dengan database yang mendukung dalam penyimpanan data. Berawal dari web sebagai penyedia atau penyampai informasi secara online, kemudian berkembang menjadi web yang digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis dalam bentuk on- line transaction, electronic-commerce, electronicmarketing, dan lain- lain. Electronic-commerce (e-commerce) adalah kegiatan umum yang diaplikasikan oleh pengguna komputer dan alat-alat teknologi komunikasi yang mendukung perdagangan suatu barang atau jasa. Ini menjelaskan bahwa segala transaksi bisnis dilakukan secara elektronik tanpa harus melakukan transaksi dengan kontak fisik secara langsung atau tanpa harus bertatap muka. Dapat pula dikatakan bahwa e-commerce merupakan kegiatan pembelian, penjualan, pemasaran atau penawaran sesuatu seperti barang, jasa dan lain-lain secara elektronik. Oleh karena itu, penulis ingin memanfaatkan teknologi web untuk membuat suatu halaman web e-commerce tentang informasi penjualan hardware komputer.
 
1.2 Ruang Lingkup
Berdasarkan latar belakang yang telah penulis uraikan diatas, ruang lingkup pada penulisan ini akan dibahas bagaimana cara mengintegrasikan aplikasi Active Server Pages 3.0 dengan Macromedia Dreamweaver MX kedalam sebuah halaman web e-commerce. Personal Web Server sebagai server web, VBScript sebagai  bahasa pemrograman skrip (scripting language), dan database yang digunakan adalah Microsoft Access. Pada web e-commerce ini, pembayaran barang yang dibeli akan dilakukan dengan cara mentransfer ke bank dengan menggunakan nomor rekening dari pihak admin, selain itu mengenai keamanan dari web e-commerce ini tidak akan dibahas. Pembahasan pada web e-commerce ini sampai dengan pemesanan perangkat keras, pemesan akan memperoleh nomor order.

1.3 Tujuan Penulisan
Penulis dalam penulisaan ilmiahnya bertujuan untuk :
- Membuat program aplikasi web e-commerce penjualan perangkat keras komputer dengan menggunakan active server pages dengan tampilan yang sederhana.
- Mempermudah para pengguna internet dalam berbelanja melalui web site yang menawarkan berbagai perangkat keras komputer. Para pengguna dapat dengan mudah memesan barang yang dikehendaki melalui personal komputer dimanapun, kapanpun, tanpa harus keliling dari toko ke toko.

1.4 Metode Penelitian
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan perangkat lunak sistem operasi windows 98 SE, dengan Personal Web Server, Web Browser Internet Explorer 5.0, MS Access 2000, HTML editor MS Frontpage 2000, Macromedia Dreamweaver MX. Sedangkan perangkat keras yang digunakan yaitu prosessor Intel Pentium II SDRAM 64MB, hardisk 10GB, dan monitor Samsung synmaster 550v.

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini adalah sebagai berikut :
Bab I : Pendaluluan
Membahas tentang latar belakang penulisan ini, maksud, tujuan, ruang lingkup serta metode penelitian dan  sistematika penulisan ilmiah ini.
Bab II : Landasan Teori
Menjelaskan landasan teori yang digunakan untuk menunjang penulisan ilmiah ini. Dasar-dasar teori itu antara lain mengenai pengertian dari internet, layanan apa saja yang terdapat dalam suatu internet ( Web, e- mail, mailing list, dan FTP ). Pengertian dari World Wide Web ( WWW ) yang dibahas disini adalah tentang HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan URL ( Uniform Resorce Locator ), pengertian homepage,  browser, HTML (bagian – bagian HTML, elemen dan tag, dan perintah-perintah HTML). Sejarah ASP,  dasar ASP, objek dan component ASP, aplikasi ASP dengan database, serta pengenalan dari Microsoft Access.
Bab III : Pembahasan
Menjelaskan mengenai langkah-langkah mendisain halaman web , isi web yang akan dihasilkan serta disain form database dengan menggunakan MS Access 2000.
Bab IV : Penutup
Berisi tentang kesimpulan dan saran yang diperoleh dari pembahasan dan Penulisan Ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar